INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Kopi-Kopi Terbaik Di Indonesia, Dari Aceh Sampai Papua

 Kopi Indonesia dengan besar hati menempati peringkat keempat terbesar di dunia dari segi hasi Kopi-Kopi Terbaik di Indonesia, Dari Aceh Hingga Papua

SalamCyber - Kopi Indonesia dengan besar hati menempati peringkat keempat terbesar di dunia dari segi hasil produksi, negara-negara Eropa Utara dan Eropa Timur, negara-negara Skandinavia serta Baltik sangat menyukai kopi Indonesia, terlebih Kopi Luwak. Kopi Nusantara sangat beragam, berikut ini SendokGarpu.com ulas banyak sekali jenis kopi Indonesia dari ujung Sumatera sampai Papua. 

Kopi Gayo 

Cukup populer di dunia, Kopi Gayo mempunyai aroma dan kenikmatan yang khas. Hal ini terbentuk dari letak Dataran Tinggi Gayo, Aceh, dan beberapa unsur lingkungan sekitarnya. Kopi Arabica Gayo mempunyai peringkat premium dan banyak diekspor ke negara-negara Eropa selain ke Amerika Serikat dan Asia. Sebagian besar komoditas kopi arabika Gayo tersebut dikembangkan di tiga Kabupaten yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. 

Kopi Sidikalang 

Nama ‘Sidikalang’ diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Udara yang sejuk dan dingin, dengan tanah pegunungan yang kaya mineral di daerah Bukit Barisan menghasilkan biji kopi Sidikalang yang bermutu tinggi. Kopi Sidikalang sangat populer akan kenikmatan cita rasanya, bahkan telah diakui bisa bersaing dengan kopi Brazil. Kopi Sidikalang kerap disebut sebagai ikonnya Kopi Sumatra. Komoditas ini istimewa sebab tumbuh di dataran tinggi vulkanis. 

Kopi Liwa 

Termasuk salah satu Kopi Luwak yang harumnya tercium sampai mancanegara. Selain pengolahan cara lama, Kopi Liwa juga diproduksi menjadi dua aroma, yakni aroma gingseng dan pinang. Cara mengolahnya sama dengan menciptakan Kopi Luwak, yakni digrading dulu jadi 3 kepingan sesuai ukuran. Kemudian biji kopi dimasukkan ke mesin panggangan (sangrai) dan dicampur dengan potongan-potongan kecil pinang atau ginseng. 

Kopi Arang 

Wilayah potensi pengembangan komoditi Kopi Jember sanggup dikatakan terluas kedua sesudah Malang di Jawa Timur. Kopi Arang diolah secara unik di Jember, ini yaitu salah satu kopi terbaik di Jawa, berasal dari daerah jawa timur yang populer dengan nama Java Jampit. Kopi ini diproses dengan cara digosongkan. Uniknya, sesudah diseduh air panas , akan tercium sedikit aroma cabe. 

Kopi Toraja 

Komoditi yang juga populer diseluruh dunia yaitu Kopi Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi Toraja juga mempunyai rasa yang khas yaitu ada perpaduan rasa tanah yang terdapat di kopi tersebut. Kopi Toraja terdiri dari 2 macam jenis kopi, yakni Kopi Toraja Arabika dan Kopi Toraja Robusta, kandungan asamnya rendah serta mempunyai body yang berat. Beberapa jenis kopi meninggalkan rasa pahit cukup usang di mulut, namun tidak dengan Kopi Toraja, rasa pahitnya pribadi hilang. 

Kopi Kintamani 

Selain Kopi Gayo, coffee shop tersohor ‘Starbucks’ ternyata memakai Kopi Kintamani sebagai materi bakunya. Kintamani yang terletak di Bangli merupakan sebuah daerah yang populer akan hawa pegunungannya yang sejuk dan juga jenis anjingnya. Memiliki aroma yang lembut dan manis, kopi ini diperoleh dari perkebunan yang memakai sistem pengairan subak. 

Kopi Flores 

Yang satu ini dinikmati pasar di Amerika, Kopi Flores berbiji besar, warna berkilau, aroma coklat yang berpengaruh serta menyajikan rasa berat di pengecap dengan tingkat keasamaan yang tinggi. Kopi arabika ini berasal dari kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Kopi Wamena 

Wamena yaitu sebuah kota kecil yang terletak di lembah pegunungan Jayawijaya, iklimnya sangat hambar berkisar 15 derajat celcius. Kopi Arabika Wamena tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, Wamena, tanpa memakai pupuk kimia. Meski pengolahannya organik dan tradisional, namun para petani sangat memperhatikan kualitas dari kopi tersebut.

Sumber : sendokgarpu.com

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel