INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Dari Latte Hingga Espresso, Ini Cara Bedakan 5 Jenis Kopi Modern

KantoMaya News, JAKARTA - Pernahkah Anda resah dikala memesankopi di kedai kopi modern atau kafe? Biasanya dalam hidangan tertulis latte, cappuccino, picolo, dan bermacam-macam jenis olahan kopi lainnya.

Viki Rahardja, seorang barista senior Indonesia sekaligus pemenang Latte Art World Championship 2014 menyampaikan bahwa ada dua jenis penyajian kopi secara garis besar. Yaitu kopi modern dan kopi hitam.

" Kopi hitam itu potensi kafein niscaya lebih banyak, tapi (kopi) yang modern kandungan gula dan lemaknya yang banyak. Kopi tabrak tidak ada lemak kecuali jikalau pake gula," ujar Viki kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Kopi modern merupakan adonan dari beberapa materi selain kopi. Seperti susu, foam, moka, dan cokelat. Berikut lima jenis kopi modern yang umum ditemukan di kedai kopi.

1. Espresso

Espresso merupakan kopi modern yang paling berpengaruh kadar kopinya (very strong). Espresso merupakan ekstrak biji kopi murni tanpa campuran. Rasanya sudah niscaya pahit, dengan tingkat kekentalannya tergantung dari biji kopi yang digunakan. Espresso biasa dikonsumsi dalam cangkir kecil.

2. Macchiato

Macchiato merupakan espresso yang diberi adonan susu foam.Foam atau susu yang di-steam sendiri kadarnya sedikit, sehingga rasanya tetap strong.

"Foam di macchiato, susunya hanya dua hingga tiga sendok aja. Sebenarnya, ini untuk orang yang suka espresso tapi lagi mau dikasih susu sedikit," terperinci Viki.

3. Piccolo

Piccolo mempunyai kadar susu yang lebih banyak dibanding dua "teman" sebelumnya. Kopinya memakai ristretto yang merupakan ekstraksi terbaik dari espresso. Hal ini mengakibatkan kopi lebih lembut dan tidak terlalu asam, tapi prosesnya lebih lama.

"Piccolo kadar susu dalam foam lebih banyak. Tastenya lebih ke small coffee, tidak strong," ujar Viki.

4. Cappucino

Ini ia yang sajian kopi modern yang terkenal alasannya yaitu gampang ditemui, bahkan sekarang tersaji dalam bentuk instan. Cappucino intinya merupakan kopi susu yang juga diberi foam.

"Espresso dikasih susu, dikasih lagi foam dari susu, jadi creamy milky coffee. Tapi susunya sama kopinya seimbang," terperinci Viki.

5. Latte

Sama dengan cappucino, latte intinya ialah kopi susu. Latte diberi foam dari susu yang sudah di-steam. Kadar susunya paling banyak, barista menyebut komposisinya dengan very milky coffee.

Tentunya kadar lemak di latte paling banyak dibandingkan kopi macchiato, piccolo, espresso dan cappucino.

KOMPAS.com

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel